Skip to main content

CHAPTER 13: PROJECT STAKEHOLDER MANAGEMENT

Terdapat empat proses, yaitu:
A. Initiating process
    1. Identify stakeholders. Identify stakeholder merupakan salah satu proses yang berada di proses inisiasi. Ada dua proses yang berada di proses inisiasi selain proses ini, yaitu develop project charter. Identy stakeholder merupakan proses mengidentifikasi orang-orang yang berkaitan dengan proyek, menganalisis dan mengdokumentasikan informasi yang relevan, bagaimana potensi untuk keberhasilan dari proyek.

B. Planning process
    2. Plan stakeholder management. Proses ini merupakan mengembangkan atau memilih strategi yang tepat untuk melibatkan stakeholder diseluruh siklus proyek. Manfaat utama dari proses ini adalah menyediakan rencana yang jelas dan dapat menindaklanjuti strategi bagaimana dapat berinteraksi dengan seluruh stakeholder untuk mendukung kepentingan proyek.

C. Execution process
    3. Manage stakeholder engagement. Proses ini merupakan proses untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan stakeholder untuk mengetahui kebutuhan atau apa yang diinginkan di dalam proyek, membahas mengenai bagaimana cara mengatasi yang akan terjadi, dan mendorong stakeholder untuk terlibat dalam proyek. Manfaat dari proses ini adalah untuk meningkatkan dukungan dan meminimalisis kesalahan dan secara langsung akan menjadi peluang untuk mencapai keberhasilan proyek.

D. Monitoring and controlling process
    4. Control stakeholder engagement. Proses ini merupakan proses memantau hubungan komunikasi dengan stakeholder. Manfaat dari proses ini adalah mempertahankan atau meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan stakeholder seiring berjalannya proyek.


Comments